Breaking News

Dasar Akuntansi

akuntansiSMK.com – Semakin berkembangnya dunia perkantoran saat ini yang banyak membutuhkan tenaga ataupun staff keuangan pada perusahaan ,membuat semakin merebaknya sekolah menegah kejuruan berlomba lomba mengedepankan pembelajaran mengenai akuntansi, untuk lebih mendalam bisa simak penjelasan berikut ini :

Akuntansi merupakan pencatatan transaksi keuangan secara sistematis dan komprehensif pada suatu bisnis selama periode tertentu. Akuntansi juga sering diartikan sebagai suatu proses untuk merangkum, menganalisa, dan melaporkan transaksi keuangan bisnis.

Fungsi akuntansi juga dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Memberikan informasi Laba atau rugi perusahaan
    Setiap perusahaan memiliki tujuan bisnis yaitu memperoleh laba atau keuntungan,untuk mengetahui apakah suatu perusahaan memperoleh laba atau rugi perlu adanya catatan transaksi keuangan secara menyeluruh,transaksi keuangan yang sudah diproses secara detail tersebut maka akan menghasilkan auatu laporan keuangan perusahaan yang dapat digunakan untuk melihat apakah suatu perusahaan menghasilkan laba atau rugi dalam periode tertentu.
  2. Sebagai Informasi Keuangan Perusahaan
    Pihak internal perusahaan meliputi direktur, para manajer, dan pemegang saham. Mereka berkepentingan untuk melihat informasi keuangan untuk memenuhi tugasnya dalam menganalisa kondisi keuangan perusahaan, apakah dalam kondisi yang sehat atau tidak sehat. Selain itu juga untuk mengambil keputusan yang tepat demi kelangsungan jalannya perusahaan. Sedangkan pihak eksternal meliputi investor, rekan bisnis, kreditur dan pemerintah. Para eksternal seperti investor juga berhak melihat kondisi keuangan perusahaan apakah dalam kondisi stabil dan menguntungkan. Sehingga ketika investor memutuskan untuk berinvestasi, perusahaan dapat memberikan timbal balik berupa dividen yang tinggi bagi dirinya.
  3. Informasi bagi operasional perusahaan
    Akuntansi yang mana sebagai penyedia informasi berupa laporan keuangan dapat memenuhi kebutuhan manajemen sebagai pihak pengambil keputusan. Karena dalam laporan keuangan terdapat berbagai informasi keuangan seperti berapa jumlah uang kas maupun non kas perusahaan saat ini, berapa tingkat penjualan apakah telah mencapai terget perusahaan, berapa jumlah persediaan bahan baku apakah masih mencukupi untuk kegiatan produksi selanjutnya, berapa biaya operasional perusahaan apakah mengalami pemborosan, dan sebagainya.
  4. Tolak Ukur
    Sebuah perusahaan dapat dikatakan maju apabila dapat menyajikan laporan keuangan secara rapi valid dan akurat, dari laporan keuanhan yang rapi valid serta akurat tersebut lah dapat digunakan sebagai tolak ukur perusahaan untuk melihat apakah perusahaan tersebut .
    Seseorang yang ingin mendalami akuntansi lebih dalam harus lah memahami persamaan dasar akuntansi terlebih dahulu,persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan dari harta,hutang dan modal yang sudah dimiliki perusahaan.

    Berikut dasar persamaan akuntansi

    HARTA (AKTIVA) = MODAL (EKUITAS )+ HUTANG(KEWAJIBAN)
    Jurnal Transaksi Kelompok Aktiva
    Debet menambah (+) aktiva
    Kredit mengurangi (-) aktiva
    Jurnal Transaksi Kelompok Modal
    Debet mengurangi (-) modal.
    Kredit menambah (+) modal
    Jurnal Transaksi Kelompok Utang
    Debet mengurangi (-) utang
    Kredit menambah (+) utang

Semoga Bermanfaat dan Tunggu Artikel Selanjutnya dari akuntansiSMK.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: