Breaking News

Pengertian Aktiva Dalam Akuntansi

akuntansiSMK.com – Harta atau Aktiva yaitu sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan yang akan memberikan nilai ekonomis pada masa mendatang.

Harta atau aktiva terbagi menjadi 4 yaitu :

1. Aktiva Lancar (current assets)
Aktiva lancar yaitu harta atau assets perusahaan yang dapat dicairkan atau diuangkan tidak lebih dari satu tahun atau satu siklus akuntansi.

   Aktiva lancar terdiri dari :

a. Kas (cash ) merupakan semua aktiva yang tersedia di dalam kas perusahaan atau setara kas disimpan di dalam bank yang dapat diambil atau digunakan setiap saat.

b. Piutang Dagang merupakan tagihan dari perusahaan kepada pihak lain (debitur) yang diebabkan karna penjualan barang dagang ataupun jasa secara kredit.

c. Surat berharga yaitu pemilikan saham atau juga obligasi perusahaan lain yang mempunyai sifat sementara yang sewaktu waktu dapat dijual kembali.

d. Piutang wesel yaitu surat perintah penagihan kepada seseorang atau juga badan untuk dapat membayar sejumlah uang pada tanggal yang telah ditentukan.

e. Piutang Pendapatan yaitu pendapatan yang sudah menjadi hak namun belum diterima oendapatannya.

f. Perlengkapan, seluruh perlengkapan yang dipakai demi suatu kelancaran bisnis dan bersifat habis pakaih.Persediaan Barang Dagang yaitu barang yang dibeli dengan tujuan untuk dijual kembali guna mendapatkan laba usaha.

g. Beban dibayar dimuka yaitu pembayaran beban yang sudah dibayar dimuka namun belum.menjadi suatu kewajiban pada periode yang bersangkutan.

2. Investasi Jangka Panjang (Long term investment)
Investasi jangka panjang adalah suatu penanaman modal di dalam perusahaan lain dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu juga untuk memperoleh laba atau keuntungan dan mengontrol perusahaan tersebut.

3. Aktiva Tetap ( Fixed assets)
Ialah harta atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimana kekayaan tersebut didapatkan dalam bentuk siap pakai atau telah dibangun terlebih dahulu, sifatnya permanen dan dapat digunakan dalam kegiatan normal perusahaan untuk jangka waktu yang relatif panjang serta memiliki nilai cukup material yang digunakan untuk proses operasi perusahaan serta untuk tidak dijual.

Contoh aktiva tetap : Tanah, gedung, mesin, peralatan, kendaraan, dan lain sebagainya. Karakteristik dari aktiva tetap diantaranya sebagai berikut di bawah ini :

Tidak untuk di jual kembali. Memiliki wujud fisik. Memiliki nilai material, harga dari aset cukup signifikan misalnya seperti: harga tanah, harga mesin, harga bangunan dan lain sebagainya. Memiliki periode manfaat dengan jangka waktu yang panjang (lebih dari 1 tahun). Dapat memberikan banyak manfaat di masa yang akan datang. Aset dapat digunakan secara efektif dalam aktivitas normal perusahaan (tidak untuk di jual kembali seperti halnya produk, persediaan dan investasi). Dimiliki oleh perusahaan tidak sebagai investasi.

4. Aktiva Tetap tak Berwujud
Aktiva tetap tak berwujud merupakan suatu hak istimewa yang dimiliki perusahaan yang memiliki nilai namun tidak memiliki bentuk fisik.Yang merupakan contoh aktiva tetap tidak berwujud ialah :

a. Good will, nilai lebih yang dipunyai perusahaan dikarenakan keistimewaan tertentu.

b. Hak Paten, adalah hak tunggal yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau juga badan dikarenakan penemuan tertentu.

c. Hak Cipta, adalah hak tunggal yang diberikan oleh pemerintah kepada seseorang atau juga badan dikarenakan adanya hasil karya seni atau tulisan atau juga karya intelektual.

d. Merek Dagang, adalah hak yang diberikan oleh pemerintah kepada suatu badan untuk dapat menggunakan nama dan juga lambang bagi bisnisnya.

e. Hak Sewa, adalah hak untuk dapat menggunakan aktiva tetap pihak lain di dalam waktu yang panjang sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

f. Franchise, adalah suatu hak istimewa yang diterima oleh seseorang atau juga suatu badan dari pihak lain untuk dapat mengkomersilkan formula, teknik, atau juga produk tertentu.

Semoga Bermanfaat dan Tunggu Artikel Selanjutnya dari akuntansiSMK.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: